SMP 1 NEGRI CISAYAONG, KANTIN ORANG INTELEK

Minggu, 19 Mei 2013



TASIKMALAYA Warta Desa. Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Negri Cisayong Desa/Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya dirikan Kantin Orang Intelek.

Untuk menjaga ke indahan, ke nyamanan dan ke amanan di lingkungan sekolah, para pedagang yang biasanya berjejer di pinggir jalan lingkungan sekolah kini di pusatkan di dalam lingkungan sekolah dengan nama Warga PUJAAN (Pusat Jajanan Anak-Anak) dan bertansaksi pembayaran dengan mengunakan KOIN (Kantin Orang Intelek).

Pusat Jajan Anak-Anak (WARGA PUJAAN) tansaksi pembayaran menggunakan KOIN (Kantin Orang Intelek) dengan cara:

  1. Tukarkan uang tunai dengan koin di kasir sesuai dengan kebutuhan.
  2. Pesan menu dan bayar langsung dengan koin di outlet pilihan.
  3. Kelebihan Koin dapat di tukar uang tunai kembali (KOIN) Kantin Orang Intelek.
Kantin sekolah yang baik dengan pola seperti berikut;

Melakukan pengolahan bahan pangan yang benar dengan takaran yang tepat tanpa menggunakan BPT (Bahan Tanpa Pangan).

Tidak menggunakan bahan berbahaya seperti; Formalin, Boraks, Pewarna merah (Rhomdamin B) dan Pewarna kuning (Methanil Yellow).

Jaga kebersiahan diri dan lingkungan, Cuci tangan sebelum bekerja, Cuci peralatan sebelum di gunakan dan  makanan di hidangkan dalam ke adaan tertutup.

Etika sebelum makan:

  1. Makanan dan minumannya halal; Hai orang-orang yg beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepada mu dan bersyukurlah kepada Alloh, jika benar-benar hanya kepda-nya kamu menyembah. "Al-Baqarah, 172".
  2. Niatkan makan dan minum untuk menguatkan Ibadah kepada Alloh SWT.
  3. Mencuci kedua tangan mu
  4. Duduk dengan Tawadlu.
  5. Menerima makanan dan tidak mencelanya, karena "Rasulullah Saw. tidak pernah sekali pun mencela makanan, jika beliau tertarik kepadanya maka beliau memakannya, dan jika beliau tidak tertarik kepadanya maka beliau meninggalkannya, "Di riwayatkan Abu Daud"

ETIKA SEDANG MAKAN:

  1. Mengucapkan basmalah sebelum makan atau minum.
  2. Mengecilkan suapan, mengunyah makanan dengan baik
  3. Tidak meniup makanan yang masih panas.
  4. Tidak bernapas di air ketika minum
  5. Menghidari kenyang yang berlebih-lebihan.
  6. Tidak memulai makan dan minum, sedang terdapat orang yang lebih berhak memulainya, karena usia atau karena kelebihan kedudukannya, karena hal tersebut melanggar etika.

ETIKA SETELAH MAKAN:

  1. Berhenti makan sebelum kenyang, karena meniru Rasulullah SAW, agar tidak jatuh dalam kebinasaan dan kegemukan yang menghilangkan kecedasannya.
  2. Mencuci tangan, kemudian mengelapnya.
  3. Membersihkan sisa-sisa makanan di gigi, dan berkumur untuk membersihkan mulut, karena dengan mulut itulah kita berdzikir kepada Allah Ta'alla, berbicara dan karena kebersihan mulut itu memperpanjang kesehatan gigi.
  4. Mengucapkan Hamdallah, sesudahnya karena Rasulullah Saw. bersabda, "Barang siapa makan makanan, dan berkata, "Segala puji bagi Allah yang memberikan makanan ini kepada ku, dan memberikan kepadaku tanpa ada daya dan upaya dariku; maka dosa-dosa masa lalunya di ampuni. (Muttafaq Alaih).

Rabu 16 mei. Abu Hayat kepala sekolah SMP 1 Negri Cisayong di temui di kantin warga PUJAAN, kepada Warta Desa "Parapedagang yang berjualan di kantin warga PUJAAN adalah warga masyakat sekitar dan berjumlah 8 stan dengan beragam macam makananan atau jajanan anak-anak.

Parapedagang dari warga masyarakat sekitar dengan tujuan untuk merangsang menumbuhkan rasa memiliki terhadap keindahan, kenyamanan dan keamanan di lingkungan sekolah.

lebih lanjut. Selain kantin PUJAAN sudah berdiri juga, pengolahan sampah, wc sehat, lingkungan sehat, Green house atau rumah hijau, dll" imbuhnya. (Fauzi)

0 komentar :

Posting Komentar

 
WARTA DESA © 2011 | Designed by RumahDijual , in collaboration with Online Casino , Uncharted 3 and MW3 Forum